Rabu, 24 April 2013

Failure Analysis



Failure Analysis
“ Diperlukan analisa kerusakan yang komprehesif yang bisa dimanfaatkan sebagai umpan balik dalam perbaikan “
Overview
Failure Analysis (Analisa Kegagalan) adalah sesuatu kegiatan yang ditujukan untuk mengetahui penyebab  terjadinya kerusakana yang bersifat spesifik dari peralatan utaman, peralatan pendukung, dan perlengkapan instalasi pabrik. Jenis Failure Analysis pada material dapat berupa patahan, retakan, atau korosi. Kegagalan tersebut bisa berasal dari tahap manufakturing, pembuatan,perakitan, atau pengoperasian yang tidak sesuai dengan desain. Dengan demikian diperlukan analisa kerusakan yang komprehensif yang bisa dimanfaatkan sebagai umpan balik dalam perbaikan desain, material, perlakuan panas, dan sebagainya terhadap sistem atau komponen.

Urgensi
                Failure Analysis sangat penting untuk menetukan bagian/pihak yang bertanggung jawab terhadap kegagalan, sehingga dapat dilakukan tindakan pencegahan adar kerusakan yang sama tidak terulang kembali. Dampak positif Failure Analysis ini tentunya akan menekan kerugian yang di akibatkan oleh berhentinya atau terhambatnya proses produksi. Bila dilakukan uji sebelum terjadinya kegagalan, kita dapat memprediksi kondisi material dan melakukan tindakan pencegahan sebelum masalah tersebut terjadi.

Manfaat
                Manfaat Failure Analysis ini dalam jangka pendek diharapkan dapat memperbaiki desain, proses dan metode pabrik. Dalam jangka panjang dapat digunakan untuk pengembangan material dan sebagai metode mutakhir untuk evaluasi dan memprediksi untuk kerja material serta untuk memperbaiki sistem pemeliharaan.

Aplikasi
                Failure Analysis ini dapat diaplikasikan pada industri chemical, oil and gas, pembangkitan energi listrik, manufaktur, dan industri lainnya.

Laboratorium Uji
                Dalam kegiatan Failure Analysis didukung oleh Laboratorium Uji Logam, Laboratorium Uji Metalografi, Laboratorium Uji Kimia, Laboratorium Non Destructive(NDT), dan Laboratorium Mikroskopi.
                

               


Tidak ada komentar:

Posting Komentar