Senin, 06 Mei 2013

Kebocoran Pipa Dekat Penyambungan Yang Dilalui Cairan

"Kebocoran Pipa Dekat Penyambungan Yang Dilalui Cairan"

2. Kebocoran Pada Pipa Saluran Air
         Studi kasus analisis kegagalan ini diawali dengan permasalahan kebocoran pipa pada bagian dekat dengan penyambungan. Pipa ini merupakan pipa yang disambungkan dengan material yang standar ASTM A 53 Grade B dan ASTM A 312 TP 316. Pipa ini dilalui cairan dengan kecepatan alir cairan sebesar 3800-8200 NM3/hr.

Penampang kerusakan yang terjadi di bagian dalam pipa (ditunjukan dengan tanda berupa lingkarang)

Identifikasi
       Dalam kasus ini pipa yang dilalui fluida mengalami kebocoran karena disebabkan oleh korosi dan erosi. untuk membukan hal ini itu makan dilakukan uji komposisi kimia untuk melihat apakah ada senyawa/unsur kimia lain yang terdapat didalam pipa baik yang terbawa oleh fluida atau pun yang dihasilkan dalam proses pengelasan yang bersifat korosif (seperti unsur/senyawa asam). Kemudian sample yang mengalami kegagalan di uji metalografi untuk mengetahui morfologi  dan fasa-fasa yang terbentuk pada permukaan pipa yang korosi dan SEM EDX untuk terlihat senyawa korosif yang terbentuk di dalam pipa.

Pembahasan
        Hasil pengamatan visual pada sampel mengalami kerusakan paling parah pada bagian dalam. Hasil pengamatan visual pada pipa dapat dilihat pada gambar tersebut.

          Setelah dilakukan uji metalografi didapat struktur mikro dari sampel yang korosif seperti gambar di bawah ini.

Struktur ferit ditujukan dengan warna putih atau terang dan perlit dengan warna gelap di sekitar ferit. sedangkan untuk pengamatan mikroskopik bentuk dari peristiwa korosi yang terjadi dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar